Langkah Menjaga Rambut Supaya Sehat dan Kuat

Rambut yang sehat, kuat, dan bercahaya sebagai hal yang didambakan oleh beberapa orang. Namun, karena lingkungan, pola hidup, dan perawatan yang kurang pas, memunculkan permasalahan pada rambut.

Seperti ketombe, rambut yang kering dan bercabang, sampai kerontokan. Kerusakan yang terjadi di rambut kemungkinan awalannya tidak memunculkan imbas yang besar, tetapi makin lama akan mengganggu.

Rambut yang berketombe, akan membuat kulit kepala sangat terasa gatal hingga ingin menggaruknya terus-terusan. Tentu saja bila dilaksanakan sering, menggaruk kepala akan cukup malu-maluin.

Perawatan rambut yang pas benar-benar diperlukan untuk menahan beberapa masalah itu dan membuat sehat dan bercahaya.

Dikutip dari American Academy of Dermatology (ADA), Jumat (21/01/2022), berikut panduan perawatan rambut yang pas supaya rambut sehat, bercahaya, dan kuat.

  1. Cuma memberi shampo di kulit kepala

Saat keramas, tak perlu memberi shampo sampai ke ujung-ujung rambut. Cukup pijatkan shampo di kulit kepala saja.

Saat mencucinya, diamkan shampo mengucur di sejauh rambut dan tahan kemauan untuk menggosokkan semaksimal mungkin.

  1. Mengatur waktu keramas

Perawatan rambut berminyak sedikit berbeda dengan tipe rambut lainnya. Bila mempunyai rambut berminyak, karena itu harus seringkali keramas.

Kemungkinan dapat dilaksanakan sehari sekali, jika minyak di kulit kepala kebanyakan dan membuat lepek.

Kulit kepala akan menghasilkan semakin sedikit minyak saat umur telah makin tua, hingga tak perlu keramas sering.

Tapi bila ada serpihan kulit kepala, itu maknanya harus seringkali keramas. Jika didiamkan, dapat mengakibatkan ketombe dan penyakit kulit kepala.

  1. Tidak boleh cuma gunakan shampo

Perawatan rambut kurang cukup cuma memakai shampo saja. Sesudah keramas, janganlah lupa untuk gunakan conditioner juga.

Menggunakan conditioner bisa membenahi rambut yang hancur secara berarti dan membuat lebih bercahaya, kuat, dan membuat perlindungan dari cahaya UV. Conditioner cuma bisa digunakan di ujung rambut, bukan tangkai atau kulit kepala.

  1. Lihat langkah sisir rambut
BACA JUGA  Langkah Menjaga Mobil Agar Awet

Perawatan rambut perlu memerhatikan langkah menyisir. Pemilik rambut lempeng, jangan sampai menyisirnya pada kondisi basah. Diamkan jadi kering lebih dulu dan pakai sisir yang giginya renggang.

Dan yang rambutnya bergelombang atau keriting, waktu menyisir yang pas ialah saat basah. Tipe sisir yang dipakai sama, yaitu tipe wide-tooth, supaya rambut lebih gampang ditata.